Komunitas Santri Ndalan Gelar Peduli Pesantren di MA An Nawawi Berjan

image_pdf

GEBANG, FP – Seluruh ruang kelas dan perkantoran Madrasah Aliyah An Nawawi Berjan Purworejo disemprot desinfektan. Turut pula disemprot komplek Pondok Pesantren An Nawawi dan Madrasah Tsanawiyah An Nawawi.

Penyemprotan dilakukan oleh Komunitas Sandal (Santri Ndalan) dari Semarang, Minggu (19/7). Sedikitnya 30 anggota Komunitas Sandal diterjunkan dalam kegiatan tersebut.

Nurul Huda selaku pengasuh Komunitas Sandal mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari program Sandal Peduli Pesantren.

“Dimasa pandemi ini kegiatan kita melakukan penyemprotan desinfektan disejumlah titik keramaian yang rawan terjangkit Covid-19,”kata Nurul Huda, Minggu (19/7).

Menurut Nurul Huda, sejumlah titik keramaian tersebut seperti pasar, madrasah, Pondok Pesantren dan sekolahan. “Alhamdulillah hari ini kita melakukan penyemprotan di Pondok Pesantren An Nawawi, STAI An Nawawi, Madrasah An Nawawi dan MA An Nawawi,”ucap Nurul Huda.

Dijelaskan, penyemprotan desinfektan di wilayah Purworejo baru pertama kali. Hal itu karena selama ini lebih banyak di wilayah Semarang dan sekitarnya. Setelah dari Purworejo, rencananya Komunitas Sandal akan melakukan penyemprotan di sebuah Pondok Pesantren di wilayah Semarang.

“Untuk anggaranya sampai saat ini swadaya dari anggota,”jelas Nurul Huda yang alumni Pondok Pesantren An Nawawi Berjan.

Lanjut Nurul Huda, Komunitas Sandal merupakan wadah para santri yang tidak belajar di Pondok Pesantren. Anggotanya berasal dari berbagai kalangan anak muda, mulai dari mantan preman hingga Debt Colector. “Intinya anggota Komunitas Sandal orangnya ndugal-ndugal,”tuturnya.

Sampai saat ini, Komunitas Sandal yang dibentuk tahun 2017 sudah memiliki 350 anggota dengan kegiatannya mujahadah dan lain-lain.

“Harapan saya, meski anggota Komunitas Sandal dari berbagai kalangan yang notabene orang-orang ndugal tapi bisa menjaga Marwah kyai dan NU,”tandas Nurul Huda.

Sementara Kepala MA An Nawawi Berjan H. Sahlan, S.Ag, M.Si mengaku sangat berterima kasih dengan kepedulian Komunitas Sandal.

“Semoga ini menjadi awal yang baik didalam menjaga kesehatan, pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di MA An Nawawi,”papar Sahlan.

Sahlan berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi awal kerjasama yang baik dengan seluruh keluarga besar An Nawawi khususnya dan Nahdlatul Ulama pada umumnya dalam rangka menjaga NKRI yang lebih baik lagi. (War)

Komentar