Wabup Yuli Hastuti : Rentan Tertular Covid, Lansia dan Balita Diminta Tetap Dirumah

image_pdf

PURWOREJO, FP – Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH mengatakan, dengan masih adanya masa pandemi virus covid-19, semua elemen masyarakat di Kabupaten Purworejo, diminta supaya terus menerapkan disiplin diri utamanya dalam era new habit (aktifitas kebiasaan baru). Termasuk kelompok Lanjut Usia (Lansia) dan kelompok Bawah lima tahun (Balita), yang juga rentan tertular virus covid-19.

“Karena itu, saya berharap kelompok Lansia bisa tetap berada dirumah supaya tidak tertular covid. Lansia ini bagian penting dari kelompok masyarakat Kabupaten Purworejo, yang harus dijaga kesehatannya. Saya sangat apresiasi mengingat kelompok Lansia, juga telah banyak peran sertanya dalam membangun Kabupaten Purworejo,” tutur Yuli Hastuti dihadapan pengurus dan anggota Persatuan Istri Purnawirawan (PERIP) Cabang Kabupaten Purworejo, dalam membuka kegiatan rapat anggota Perip yang berlangsung di Hotel Ganesa pada Jum’at (17/7).

Dikatakan, wilayah Kabupaten Purworejo yang kemarin sudah termasuk dalam daftar daerah rendah penularan covid di Jawa Tengah, saat sekarang harus prihatin karena ada lagi yang positif covid. Tentu ini harus menjadi perhatian kita semua.

“Jangan menyepelekan, karena sudah terbukti virus covid yang tak tampak, bisa menjadikan fatal kesehatan manusia. Sehingga kita semua, harus disiplin dan hati-hati,” pesan Yuli Hastuti.

Teruslah melaksanakan himbauan pemerintah pinta Yuli Hastuti, karena Pemerintah juga akan terus berupaya menekan jumlah penularan covid dari mulai menerbitkan Peraturan bupati terkait penggunaan masker, sosialisasi new habit disemua lapisan masyarakat, hingga mengkarantina penderita positif covid.

“Saya percaya masyarakat Purworejo bisa bersama-sama, untuk turut serta dalam mencegah covid agar tidak terus bertambah. Dimulai dengan selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak aman, hindari kerumunan, juga hindari bersalaman. Salah satu penderita yang tertular covid, dikarenakan bersalaman dengan orang yang positif covid,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Yuli Hastuti juga titip pesan untuk Ibu-Ibu pengurus dan anggota Perib supaya menjaga keluarga, kerabat, dan tetangga lingkungannya, untuk bisa membentengi diri, agar terhindar dari penularan covid. Apalagi anggota Perip merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang non partisan dan bagian dari keluarga besar TNI, sehingga perjuangan dalam pengamanan negara tidak diragukan.

Sementara itu Ketua Perip Cabang Kabupaten Purworejo Sri Sumarni Tunggal Harmono menjelaskan, kegiatan rapat Perip diikuti sekitar 40 orang. Rapat Perip bertujuan untuk melaksanakan dan mengevaluasi program kegiatan sebagai upaya untuk terus mengeksiskan Perip dalam berperan serta membangun Kabupaten Purworejo. Kegiatan Perib meliputi pemberdayaan Lansia yang produktif, bhakti sosial ke masyarakat, kesehatan melalui senam sehat Lansia, dll.

“Juga dalam masa pandemi covid ini dengan telah diterapkannya new habit di Kabupaten Purworejo, tentu kami mengikuti arahan Bu Yuli Hastuti, untuk tetap berada dirumah. Karena pemerintah terus memikirkan masyarakatnya agar terhindar dari covid. Dan sebagai masyarakat juga harus mengerti untuk melaksanakan dan mematuhi himbauan yang dituangkan dalam peraturan pemerintah,” ujar Sri Sumarni. (War)

Komentar