Bupati Purworejo Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Bumdes Popongan

image_pdf

BANYUURIP, FP – Bupati Purworejo H.Agus Bastian, SE, MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bergema milik Desa Popongan Kecamatan Banyuurip.

Kegiatan tersebut dilakukan bupati disela-sela kunjungan kerja dan sosialisasi New Habid, di Desa Popongan, Kamis (16/7).

Kepala Desa Popongan, Miftachuzzaman menjelaskan, Bumdes seluas 11×7 meter tersebut dibangun menggunakan dana desa anggaran tahun 2020 sebesar Rp 194 juta lebih.

“Pengerjaanya dilakukan secara swakelola oleh Tim Teknis Kegiatan. Nantinya gedung ini untuk kantor dan toko,” jelas Miftachuzzaman disela kegiatan, Kamis (16/7).

Disebutkan, Bumdes Bergema yang berdiri sejak tahun 2019 memiliki sejumlah seperti toko material bangunan, jasa rental mobil, pengelolaan kolam iklan dan pengelolaan sampah dan rongsok.

“Warga disini sampahnya dipisahkan antara yang organik dan non organik dan secara berkala kita ambil lalu kita olah ternyata bisa menghasilkan,”ucap Miftachuzzaman.

Untuk tahun 2019, lanjutnya, hasil keuntungan Bumdes sepenuhnya murni untuk pengembangan Bumdes karena belum ada bantuan modal dari pemerintah desa. Meski belum ada bantuan modal, namun pada akhir tahun 2019 Bumdes Popongan sudah berhasil meraih keuntungan sekitar Rp 9 juta lebih.

“Awalnya modal Bumdes hanya swadaya warga, namun berkat kecerdikan warga mereka bisa menjalin kerjasama supplier dan berhasil meraih keuntungan. Baru tahun 2020 ini kita beri modal stimulan Rp 50 juta dari dana desa untuk mendukung kegiatan-kegiaran Bumdes,”paparnya.

Ditambahkan, pembangunan gedung tersebut juga salah perhatian dari pemerintah desa terhadap Bumdes.

Miftachuzzaman berharap, dengan dibangunnya gedung tersebut Bumdes Bergema akan semakin berkbang usahanya dan semakun maju. “Saya juga berharap kedepanya warga juga ikut menanam saham di Bumdes,”imbuhnya.

Sementara Bupati Purworejo H. Agus Bastian mengatakan pendirian Bumdes jangan sekedar hanya untuk pemenuhan kewajiban desa saja, namun juga harus bisa menciptakan usaha-usaha baru.

“Tentunya saya berharap Bumdes Bergema ini bisa semakin meningkatkan pendapatan asli desa dan membawa dampak positif bagi warga desa,”tandas bupati. (War)

Komentar