62 Warga Binaan Rutan Purworejo Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri

image_pdf

PURWOREJO, FP – Sebanyak 62 warga binaan Rutan Kelas II B Purworejo mendapat remisi khusus Hari Raya Idul Fitri tahun 2020. Remisi terdiri atas 16 orang mendapat remisi 15 hari, 45 orang mendapat remisi 1 bulan dan 1 orang mendapat remisi 2 bulan.

Kepala Rutan Purworejo, Lukman Agung Widodo menjelaskan, pemberian remisi atau Perjanjian Masa Lalu diberikan kepada narapidana disetujui oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Persyaratan dan Tata Cara Mengimplementasikan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri di harapkan dapat memotivasi warga binaan untuk mencapai penyadaran diri, serta meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana di Rutan Purworejo,”kata Lukman.

Lanjut Lukman, bertepatan dengan Hari Raya idul fitri ini Rutan Purworejo juga membebaskan satu orang warga binaan untuk menjalani asimilasi di rumah.

Asimilasi sesuai dengan peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19. Serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No.M.HH-19 PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Dalam amanatnya Lukman Agung Widodo menegaskan, warga binaan pemasyarakatan saat menjalani pidana di dalam Rutan dan Lapas jangan di asumsikan sebagai suatu derita, melainkan harus disikapi sebagai suatu sarana introspeksi diri.

“Jalani dengan ikhlas dan berserah diri pada yang maha kuasa, maka nanti kalian akan merasakan manfaatnya. Kita disini sebagai petugas pemasyarakatan bertujuan membantu kalian agar dapat menjadi manusia yang lebih baik kedepanya dengan catatan kalian harus ikhlas dalam menjalani dan mengikuti pembinaan di Rutan ini” tandasnya. (War)

Komentar