SMK Negeri 8 Purworejo Salurkan Zakat Fitrah Untuk Warga dan Panti Asuhan

image_pdf

BANYUURIP, FP – Panitia Zakat Fitrah SMK Negeri 8 Purworejo menyalurkan zakat fitrah untuk warga yang berhak disekitar sekolah, Panitia zakat Mushola Nurul Huda Desa Bajangrejo, Panti Asuhan Muhammadiyah Danu Kusuma Kledung Kradenan, Yayasan Disabilitas Kledung Kradenan, dan Badan Amal Zakat Nasional ( BAZNAS) Kabupaten Purworejo, Selasa (19/5).

Ketua Panitia Zakat Fitrah SMK Negeri 8 Purworejo, Samsul Fitriadi, S.Pd.I menerangkan, untuk warga sekitar sekolah yang berjumlah 22 orang masing-masing menerima satu paket berupa uang tunai Rp 30 ribu dan beras sebanyak 5,5 kg.

Untuk panitia zakat Mushola Nurul Huda Desa Bajangrejo berupa 9 bungkus beras, Panti Asuhan Muhammadiyah Danu Kusumo Rp 400 ribu, bantuan untuk Yayasan Disabilitas sebanyak 9 bungkus beras, dan BAZNAS Kabupaten Purworejo uang sebesar Rp 500 ribu.

Disebutkan, dana zakat fitrah dan infaq tersebut berasal dari potongan gaji guru, karyawan dan guru tidak tetap (GTT). “Dari dana yang terkumpul kemudian sebagian kami belikan beras 40 sak/bungkus isi 5,5 kg,”terang Samsul.

Tujuan kegiatan tersebut, lanjut Samsul, untuk membersihkan diri dari penyakit rohani seperti pelit dan lainnya serta membersihkan harta dari syubhat atau yang kurang jelas antara halal dan haram. “Juga untuk menyempurnakan ibadah puasa romadhon dengan harapan segala dosanya kami bisa dilebur dan kembali suci seperti bayi,”ucap Samsul.

Dirinya juga berharap kedepan SMK Negeri 8 Purworejo memiliki badan amal zakat setingkat kabupaten dan sifatnya tidak sementara sehingga selain bisa menyalurkan zakat fitrah juga zakat mal.

Sementara Kepala SMK Negeri 8 Purworejo, Wahyono, S.Pd, M.Pd sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena dalam situasi wabah covid -19, SMK Negeri 8 (Depan) Purworejo tetap menyelenggarakan kegiatan zakat yang bersumber dari seluruh Guru dan karyawan, karena seluruh siswa tidak bisa sekolah.

“Tahun ini zakat berupa beras kita kemas dalam bentuk yg lebih baik dari tahun kemaren. Panitia sudah mendata dan didistribusikan ke panti asuhan, warga sekitar,takmir masjid dan sebagian dari siswa SMK Negeri Depan yang terjangkau. Kami berharap SMK Negeri Depan selalu bisa berkontribusi dan  berperan aktif serta kehadirannya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tandas Wahyono. (War)





Komentar