Curi Emas Batangan Untuk Beli Bus

image_pdf

Dari Operasi Sikat Jaran Candi 2015 Polres Purworejo berhasil mengamankan 11 tersangka kejahatan dan 20 sepeda motor tanpa kelengkapan surat-surat. Dari 11 tersangka tersebut satu diantaranya adalah wanita muda bernama Yuni Ayu Marningsih (23) warga Desa Polomarto, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.

Apa yang dilakukan oleh Yuni tergolong nekad. Betapa tidak, karena ingin hidup mewah dan serba kecukupan, perempuan ini nekad menggasak tiga batang emas dan tiga giwang milik Sugiyah (87) pemilik toko emas Sekawan yang terletak di Jln MT Haryono Kutoarjo. Dari hasil kejahatannya itu Yuni yang sudah berstatus ibu rumah tangga dan karyawan toko emas Sekawan mampu mengumpulkan uang sekitar Rp 180 juta.

Disamping untuk berfoya-foya dengan pria selingkuhannya hasilnya juga untuk membeli sejumlah perhiasan, sepeda motor Mio dan mikro bus seharga Rp 90 juta. Namun belum lama menikmati uang haram tersebut polisi langsung menangkap Yuni dan memasukannya ke dalam sel tahanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Purworejo AKBP Arsida Septiana melalui Kasubag Humas AKP Lasiyem menjelaskan, tersangka mencuri batangan emas tersebut terjadi 17 Juli 2015 dengan cara mengambil kunci brankas yang disimpan oleh Sugiyah didalam laci meja di ruang kerja. Pada saat itu laci meja dalam keadaan tidak terkunci. “Setelah berhasil mengambil kunci itu tersangka Yuni menyimpan dalam celana dan setelah selesai jam kerja membawanya pulang,” kata AKP Lasiyem.

Hari berikutnya, lanjut AKP Lasiyem, tersangka Yuni bekerja seperti biasanya. Saat situasi sepi dan pemilik toko sedang tidur, Yuni menuju ruang belakang tempat dimana brankas tersebut berada. Selanjutnya dengan kunci itu Yuni mebuka brankas dan mengambil tiga batangan emas beserta surat-suratnya serta tiga buah giwang. “Bersama tersangka MJ yang kini DPO Yuni menjual barang tersebut seharga Rp 180 juta,” paparnya.

Atas kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp 220 juta. Sementara tersangka Yuni diduga telah melanggar pasal 361 (1) ke 4 Subsider 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Barang bukti yang berhasil diamankan berupa, uang tunai Rp 2.800 ribu, satu buah HP merek Samsung Tab warna putih, satu buah cincin emas, satu pasang anting emas, dua baju gamis, dua kerudung, satu tabungan dan kartu ATM atas nama tersangka, satu unit sepeda motor Yamaha Soul GT dan satu KBM Mitsubishi jenis minii bus/mikro bus.

Komentar